Pemerintah Bakal Tetapkan 1 Juni Jadi Hari Libur Nasional

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla telah menetapkan peraturan presiden tentang penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Selanjutnya setiap tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Kepala Bagian Organisasi Setda Gunungkidul, Markus Tri Munarja mengatakan, berdasarkan surat keputusan bersama Meteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 684, 302 tentang pelaksanaan hari libur nasional dan cuti bersama maka Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menginformasikan kepada semua jajaran pemerintah dan masyarakat untuk 1 Juni besok libur nasional.

“Kami menghimbau kepada semua PNS dan non PNS maupun warga masyarakat bahwa 1 Juni besok libur nasional dalam rangka memperingati lahirnya Pancasila,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (31/5/2017).

Lebih lanjut Markus menuturkan, meski hari lahirnya Pancasila baru mulai  pertama kali diperingati dengan hari libur nasional, pihaknya pun berharap semua masyarakat dapat mengetahui dan memaklumi peringatan sejarah ini.

“Sudah ditetapkannya melalui peraturan presiden, maka semua harus mulai tahu akan pentingnya mementum dan menghormati sejarah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Gunungkidul (BKPPD), Sigit Purwanto menjelaskan, hari libur nasional pada 1 Juni besok sudah ditetapkan dengan peraturan presiden. Sehingga diharapkan semua instansi yang ada di lingkup Pemkab Gunungkidul mentaat dan menghormat mementun tersebut.

“Nah ini kan sudah jelas bahwa sudah ada penetapan hari libur nasional, tolong semuanya mentaati,” tandasnya.

Terpisah, Sekertaris Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid mengaku, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke masing-masing sekokah guna menginformasikan tentang pelaksanaan hari libur nasional.

“Kami sudah menginformasikan bahwa besok libur dalam rangka peringatan hari lahirnya pancasila,” ungkap Bahron. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post