Pemerintah Desa Monggol Ditudung Lakukan Pungli

142 views

Gunungkidulpost.com – Saptosari – Sejumlah warga Desa Monggol, Kecamatan Saptosari mengeluhkan adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Desa setempat.

Dari informasi yang dihimpun, dugaan pungli itu terkait dengan program Prona yang saat ini dikenal dengan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Salah seorang warga Desa Monggol, Rajiyo mengaku ada kejanggalan dengan kwitansi pembayaran terkait penyertifikatan tanah tersebut. Sayangnya warga juga tidak mengetahui uang tersebut untuk keperluan apa saja.

Dari keterangannya warga diminta uang sebesar Rp 200.000 dan diberikan bukti pembayaran oleh Pemdes Monggol. Sedangkan diminta lagi sebesar Rp 400.000 namun warga tak dibetikan tanda bukti pembayaran ataupun kwitansi.

“Kami dimintai Rp200.000 ada kwitansinya, setelah itu diminta lagi Rp400.000 tetapi tidak ada kwitansinya,” bebernya kepada wartawan, Kamis (12/4/2018).

Dia hanya bisa berharap kejelasan uang tersebut digunakan untuk apa saja.

“Ya kami hanya ditarik saja tahunya bayar segitu jadi, tapi pihak desa ketika di tanya tidak menjelaskan,” katanya.

Sementara itu, Ngadino warga lainnya juga mengeluhkan kejanggalan tersebut. Dia juga mengatakan diminta tanda tangan namun tidak dijelaskan secara rinci untuk apa.

“Saat itu saya dimintai tanda tangan saja, kurang tahu untuk apa,” tandasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post