Pemerintah Punya Cara Baru Atasi Kekeringan

151 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Alam (PUP ESDM) DIY, masih melakukan kajian terhadap potensi air bersih berupa sungai bawah tanah di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Alam (PUP ESDM) DIY, Hananto hadikusumo saat menghadiri peringatan hari air se-dunia di Telaga Jonge, Semanu, Kamis (28/3/2019).

Menurut dia, Gunungkidul mempunyai banyak air dibawah tanah, namun harus dikaji lebih dalam untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Di Gunungkidul itu memang mempunyai air banyak sekali yang jadi masalah adalah air tersebut berada di bawah tanah, kalau mau memanfaaatkan itu harus dengan cara dipompa dan dibendung pada sungai bawah tanah yang ada di Bribin,” ujarnya.

Hananto menuturkan, secara teknis akan dipelajari bagaimana cara memanfaatkan sungai bawah tanahnya, supaya lebih dimanfaatkan.
Saat ini pihaknya akan mengkaji air yang berada di Banyusoco karena dinilai lebih mudah.

“Kalau untuk memanfaatkan sungai bawah tanah perlu penelitian lagi karena penelitian terkait dengan sungai bawah tanah di Gunungkidul sudah lama sekali kurang lebih 10-15 tahun lalu,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, sumber daya air bawah tanah di Kabupaten Gunungkidul memang tergolong melimpah dari pemerintah kabupaten Gunungkidul terus melakukan upaya dengan menggandeng pihak ketiga dalam memanfaatkan air tersebut.

Dia menambahkan air menjadi komoditi terpenting baik untuk pemenuhan kebutuhan hidup, pertanian hingga saat ini sektor pariwisata yang bergeliat di bumi handayani adalah sektor air.

“Sember air bawah tanah di Gunungkidul memang luar biasa ini merupakan potensi yang kita miliki. Kami juga menyadari bahwa pasokan air bersih di Gunungkidul belum 100 persen karena letak geografis menjadi kendala. Untuk itu kami akan terus berupaya mencari sumber yang dapat diambil airnya,” tutup Badingah. (Bayu)

Related Post