Pemerintah Pusat Ambil Alih Master Plan Geopark Gunung Sewu

178 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Pemerintah pusat akan mengambil alih master plan Geopark Gunung Sewu. Hal itu dilakukan untuk mempermudah penataan salah satu warisan geologis Indonesia.

“Saya ambil alih, saya ambil alih. Master plannya saya ambil alih,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya seusai dialog nasional ke-18 ‘Indonesia Maju’ di GOR Siyono Gunungkidul, Selasa (31/7/2018).

Geopark Gunung Sewu merupakan salah satu geopark di Indonesia yang masuk UNESCO Global Geopark (UGG). Deretan karst batu gamping tersebut sudah dikenal sejak tahun 1800-an.

Sementara lokasi Geopark Gunung Sewu membentang di tiga kebupaten, dan tiga provinsi. Yakni di Kabupaten Gunungkidul (DIY), Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur).

Karena lokasinya yang membentang di tiga provinsi, perencanaan master plan Geopark Gunung Sewu selalu mengalami kendala. Oleh karenanya Kemenpar berinisiatif mengambil alih.

“Setuju kalau (master plan) diambil nasional dalam hal ini nanti oleh Kemenpar, kita harapkan itu tidak ada (kendala),” ucap Arief.

Arief melanjutkan, Geopark Gunung Sewu merupakan salah satu destinasi unggulan yang ada di Indonesia. Pihaknya mencatat hampir 5 juta wisatawan berkunjung ke geopark ini.

“Untuk kepentingan semua, untuk kepentingan negara. Nanti akan menguntungkan masyarakat Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, selama ini sudah ada pengembangan masing-masing kabupaten terkait pengembangan potensinya sesuai dengan nafas Unesco Global Geopark.

“Masterplan dibutuhkan sebagai pedoman untuk melangkah kedepan,” ungkapnya.

Masterplan ini perlu untuk pengembangan kedepannya sehingga nantinya pembangunan UGG. Nantinya dalam masterplan akan ada perencanaan jangka Pendek, menengah, dan panjang.

“Saya tidak mungkin membuat perencanaan dikabupaten Pacitan misalnya. Masterplan ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Karena ada batasan kewenangan maka ditarik ke pusat untuk pembuatannya,” pungkas Hary. (Bayu)

Related Post