Pemerintah Terus Genjot Program KIA

214 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah mendorong percepatan penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Gunungkidul sebagai salah satu kabupaten yang menjadi ujicoba program KIA dari Kemendagri.

Direktur Pendaftaran Penduduk, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri Drajat Wisnu Setiawan mengatakan, terus mendorong pemberlakuan KIA di seluruh kabupaten dan kota.

”Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Pemerintah Pusat telah memberikan stimulan berupa blangko dan juga sosialisasi, supaya pemerintah kabupaten segera melaksanakan program KIA,” ujarnya saat datang ke Gunungkidul.

Stimulan dalam bentuk blangko yang diberikan kepada setiap kabupaten atau kota jumlahnya berbeda-beda. Hal itu disesuaikan dengan prosentase akte kelahiran di setiap kabupaten atau kota tersebut. Dari 20% sampai 30% anak yang telah memiliki akte kelahiran maka akan diberikan blangko KIA.

“Termasuk seperti di Gunungkidul, dari 186.000 yang telah diterbitkan akte kelahiranya, kami hanya memberikan 20.000 blangko. Jadi memang tidak banyak karena harus merata di seluruh Indonesia,” kata Drajat.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul, Eko Subiantoro berharap agar Kartu Identitas Anak (KIA) dapat segera memberikan manfaat kepada anak-anak yang ada di Gunungkidul.

“Untuk saat ini prioritas kami adalah anak-anak yang duduk di bangku PAUD dan taman kanak-kanak (TK),” papar Eko.

Pihaknya kini memang sedang berupaya untuk terus menyosialisasikan program KIA. Diantaranya adalah dengan menyosialisasikan program tersebut langsung ke sekolah-sekolah.

“Kami terus akan menyasar ke sekolah untuk melakukan sosialisasi,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post