Pemkab Akan Bangun Embung Baru

250 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai membuat kajian untuk pembangunan instalasi pengolahan air atau water treatmen untuk sumber air Sidon di Desa Dadapayu, Semanu.

Kajian dilakukan untuk membuat embung penampung air dari sumber air yang kemudian didistribusikan ke masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Sri Suhartanta mengatakan, anggaran untuk pembangunan embung untuk menampung air dari Sindon belum dilakukan. Pasalnya untuk saat ini sedang dilakukan kajian terhadap pembuatan intsalasi pengolahan air di kawasan tersebut.
Pengkajian yang dilakukan, selain masalah bentuk dalam pengolahan juga terkait dengan pembebasan lahan.

“Kita kaji terlebih dahulu dan kita pikirkan pembebasan lahannya,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (23/10/2017).

Menurut dia, untuk pembangunan water treatmen, pemkab hanya menyediakan lokasi. Sedang proses pembangunan akan dimintakan bantuan ke Pemeritah Pusat.

“Kami akan buat proposal untuk kemedian diserahkan ke kementerian agar mendapatkan anggaran pembangunan,” paparnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Gunungkidul Ery Agustin Sudiyati berharap agar kajian yang dilakukan segera diselesaikan sehingga bisa ditindaklanjuti untuk proses pembangunan. Diharapkan dengan pembuatan instalasi pengolahan air di Sindon dapat mengatasi masalah krisis air yang ada di masyarakat.

“Jangan lama-lama karena setelah selesai bisa dibuatkan anggaran untuk program pembangunan,” ucapnya.

Menurut dia, krisis air masih menjadi masalah di Gunungkidul. Oleh karenanya pemkab harus benar-benar serius sehingga masalah tersebut benar-benar diatasi.

“Potensi kita sangat melimpah, tapi belum dimanfaatkan dengan baik. Jadi kalau ingin bebas dari masalah air bersih, potensi sumber sungai bawah tanah yang dimiliki harus dimaksimalkan,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post