Pemkab Akan Gelar Pilkades Serentak

192 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan menyelenggarakan Pemilihan kepala desa secara serentak pada tahun 2018 mendatang.

Sebanyak 30 desa yang ada di Gunungkidul dipersiapkan untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKB-PMD) Gunungkidul, Sudjoko mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk pelaksanaan Pilkades ini.

Rencananya, Pilkades periode kedua ini akan diikuti oleh sebanyak 30 desa setelah sebelumnya di periode pertama pada 2015 lalu telah diselengarakan pilkades serentak di sekitar 58 desa.

“Terdapat sekitar 30 desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 2018. Anggarannya sudah kami siapkan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (29/10/2017).

Sudjoko mengatakan, Pilkades ini diselenggarakan untuk memilih kepala desa yang baru untuk mengisi pemerintahan desa dikarenakan masa jabatan kades sebelumnya telah habis.

“Selain itu juga terdapat beberapa penyebab yakni akibat kekosongan jabatan kades, karena meninggal dunia, atau tersangkut masalah hukum,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini terdapat tujuh desa yang masih diisi oleh Pj atau Plt.

Ketujuh desa tersebut adalah Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari; DesaDadapayu, Kecamatan Semanu; DesaNgawu, Kecamatan Playen; Desa Ngunut, Kecamatan Playen; Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari; dan Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post