Pemkab Bentuk Kawasan Pangan Lestari

342 views
image

Salah Satu Warga Baleharjo Mulai Menanam Tumbuhan Untuk Kebutuhan Sehari-hari. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lebih berguna, Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Gunungkidul  membentuk kawasan pangan lestari.  Hal itu bertujuan supaya bisa dimanfaatkan untuk lumbung pangan hidup. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, pihaknya terus mendorong melalui kelompok pertanian dan ibu-ibu untuk memanfaatkan lahan pekaranagn di rumah. Hal itu salah satu cara untuk menanam berbagai jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Kita dorong agar masyarakat memanfaatkan lahan pertanian untuk ditanami umbi-umbian, sayuran dan jenis lainnya,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (30/4/2017).

Menurut dia, saat ini pihaknya telah melakukan pendampingan terhadap kelompok wanita tani. Dari tahun 2010 hingga 2017 pihaknya sudah membentuk kelompok wanita tani sebanyak 89 kelompok.

“Harapan kami bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Baleharjo, Wonosari, Titis mengatakan, pihaknya memanfaatkan lahan didepan rumahnya untuk menanam tanaman apotek hidup mulai dari jahe, kunir dan cabai.

“Lumayan kemarin sewaktu cabai naik  kemarin bisa mengurangi biaya,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post