Pemkab dan Dewan Sepakat Retribusi Wisata Dipihak Ketigakan

620 views

image

Godog retribusi pantai. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Munculnya wacana pemerintah daerah yang akan mengganti sistem penarikan retribusi pariwisata untuk dipihak ketigakan atau diswastakan nampaknya terus digodok. Pasalnya Pemkab terus melakukan koordinasi guna membahas program tersebut.

Wacana itu nantinya diharapkan mampu mendongkrak pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pejabat Sekda Gunungkidul Supartono mengungkapkan pihaknya tengah melakukan koordinasi internal terkait rencana di pihak ketiganya penarikan retribusi wisata di Gunungkidul. 

“Kami telah melakukan koordinasikan agar nantinya ditemukan formulasi yang tepat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (17/11/2016).

Menurut Supartono, kemungkinan pihak ketiga dilakukan lelang terbuka, sehingga siapa saja bisa mengikuti lelang. Harapannya dengan pihak ketiga kebocoran PAD bisa dihentikan. 

“Saya mendukung pihak ketiga karena pemkab tidak lagi melakukan penarikan retribusi, tinggal menerima bersihnya saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto mengatakan, semmua komisi telah sepakat jika penarikan retribusi pariwisata dipihak ketigakan. Menurutnya, salama ini kebocoran retribusi menjadi perhatian serius dalam pembahasan seluruh komisi di kalangan DPRD Gunungkidul.

“Komisi A, B, C dan D sepakat agar retribusi wisata dipihak ketigakan. Jadi sudah tidak ada lagi selain melanjutkan dengan mempersiapkan aturan bupati,” tandasnya. (Bayu)

Related Post