Pemkab Dorong Lanud Gading Jadi Bandara Komersial

832 views

image

Bandara Gading. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Playen – Pemerintah kabupaten Gunungkidul akan berkoordinasi dengan pihak terkait tentang pengguna lanud gading Playen.

Pejabat Sekda Gunungkidul Supartono mengatakan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi penyelesaian antara Pemerintah Provinsi DIY dengan TNI AU yang memiliki kewenangan atas aset yang ada di bandara Gading. 

“Kita tunggu saja hasil koordinasi mendatang, seperti apa dan akan kita tindak lanjuti,” katanya kepada Gunungkiudulpost.com, Senin (21/11).

Pihaknya menyambut baik dengan rencana pemerintah pusat yang akan menjadikan bandara gading untuk melayani penerbangan komersil. Supartono pun berharap, wacana pemerintah pusat untuk segera terwujud. Karena hal itu akan semakin mendorong pariwisata di Gunungkidul.

“Saya optimis jika nantinya gading akan dibuka untuk dijadikan bandara komersial, maka akan semakin meningkat pariwisata di Gunungkidul,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Syarief Armunanto mengaku jika lanud Gading asetnya dimiliki  tiga intansi, TNI Angkatan Udara, Pemerintah DIY, dan Dirjen

Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Pihaknya menambahkan jika ijinya sangat panjang, selain itu juga memerlukan waktu yang lama.

“Sangat rumit untuk mengajukan ijin tersebut, ya mudah-mudahan pemerintah pusat merespon baik tentang wacana ini,” ungkapnya. (Bayu)

bandaragading lanudgading

Related Post