Pemkab Gunungkidul Belum Bisa Pastikan Kapan Gaji Ke-14 Cair

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sampai saat ini belum bisa memastikan kapan pencairan gaji ke-14 yang sedianya diberikan untuk THR bagi PNS. Ada kemungkinan, tunjangan tersebut diberikan setelah H-7 lebaran.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul Putro Sapto Wahyono mengatakan, untuk pemberian gaji ke-14 sudah ada Peraturan Pemerintah No.25/2017 tentang Pemberian THR kepada PNS, TNI-Polri dan Pejabat Negara.

Namun demikian, peraturan tersebut belum bisa dijadikan acuan untuk pencairan. Pasalnya, dalam proses pencairan harus menunggu turunnya Peraturan dari Menteri Keuangan.

“Hingga saat ini belum turun. Jadi kami masih menunggu turunnya Peraturan Menteri Keuangan,” katanya, Rabu (14/6/2017).

Menurut dia, dengan masih menunggunya PMK, maka Pemkab belum bisa memastikan kapan THR untuk PNS dapat dicairkan. Ia pun tidak yakin, jika dana tersebut dapat cair dalam minggu ini.

Adapun alasannya, selain masih menunggu keluarnya PMK, dalam proses pencairan membutuhkan waktu satu hingga dua hari. Oleh karena itu, THR untuk PNS kemungkinan besar baru akan cair setelah H-7 lebaran.

“Kalau minggu ini kelihatannya belum bisa cair. Seharusnya sesuai instruksi dari pimpinan, dana itu harus sudah dicairkan sebelum adanya cuti libur bersama,” ujarnya.

Untuk alokasi, ia mengaku sudah menyiapkan anggaran Rp 31,5 miliar untuk gaji ke-14. Jumlah ini akan bertambah, karena Pemkab juga mengalokasikan anggaran untuk gaji ke-13 sebesar Rp 37,9 miliar.

“Secara prinsip gaji ke-14 untuk THR, sedang gaji ke-13 digunakan membantu PNS, salah satunya untuk kebutuhan biaya anak sekolah,” tambahnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post