Pemkab Harus Tegas Selesaikan Polemik Peternakan Unggas

40 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul diharapkan tegas dalam polemik peternakan unggas yang berada di kawasan geosite Gunungsewu Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko asal Panggang, Kamis, (13/09).

“Peternakan unggas tersebut ditakutkan akan merusak lingkungan di daerah Geopark gunungsewu,” kata Rino.

Rino menyampaikan, Pemkab harus tegas dengan pembangunan tersebut, pertama harus melihat izinnya terlebih dahulu. Sepert izin mendirikan bangunan, serta analisis mengenai dampak lingkungan.

“Idealnya sebelum membangun sebuah peternakan yang besar, izin harus sudah dikantongi terlebih dahulu sebelum membangun pondasi,” jelasnya.

Selain itu, perusahaan seharusnya memberikan sosialisasi terkait dengan bau yang ditimbulkan oleh peternakan, lalu dampak-dampak kesehatan bagi masyarakat dengan adanya peternakan tersebut.

“Dampak buruk lainnya yang mungkin ditimbulkan dengan adanya peternakan tersebut yakni sektor pariwisata karena dekat dengan Goa Jomblang, dan juga akan terjadi kerusakan lingkungan terutama air tanah yang dampaknya air akan mencemari PDAM,” imbuhnya. (Santi)

Related Post