Pemkab Keluarkan SP Dua Untuk PT.Widodo Makmur Unggas

325 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan segera layangkan Surat Peringatan kepada PT. Widodo Makmur Unggas (WMU) terkait dengan aktivitas pembangunan dan kegiatan peternakan di area Geopark Gunung Sewu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul Drajat Ruswandono saat ditemui Gunungkidulpost.com, Rabu (12/9/2018)siang.

“Saat ini sudah kami lakukan koordinasi dengan pihak terkait. Dan kami akan melayangkan surat peringatan ke dua,” kata Drajat.

Menurut Drajad, dirinya mengatakan saat ini pihak PT WMU baru memiliki izin Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), RTRW Kabupaten Gunungkidul masih bersifat makro. Untuk itu syarat perijinan belum lengkap lantaran Amdal belum selesai.

“Ini sangat kecil ditingkat lapangan, kalau kami menunggu review RTRW terlalu lama solusi tercepat adalah dengan AMDAL kawasan,” katanya.

Ia mencontohkan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) kawasan akan diberlakukan di Saptosari, panggang, Purwosari.

“Dengan Amdal kawasan akan terlihat jelas mana daerah yang boleh dan tidak, sehingga itu sebagai landasan agar tidak ada yang salah tafsir,” ujarnya.

Disinggung mengenai limbah yang akan merembes dan mencemari sungai bawah tanah, Drajat mengaku tidak dapat dipungkiri bisa seperti itu. Karena Gunungkidul sifatnya banyak rongga dan nantinya akan masuk ke sungai bawah tanah.

“Tetapi itu tidak serta merta di Gunungkidul ada sungai bawah tanah, ketika nanti ada IPAL kemudian mengelola limbah hasil pengelolaan limbah dapat dibuang limbah sudah normal,” papar dia.

Untuk itu ia menghimbau kepada PT WMU untuk tidak menambah infrastruktur yang sudah ada, jika nanti tetap menambah infrastruktur dapat kami layangkan surat peringatan ke tiga.

“Kalau nantinya pengelola menambah infrastruktur kami juga akan melayangkan surat peringatan yang ke tiga,” tutup Drajat. (Bayu)

Related Post