Pemkab Kembangkan Layanan Internet Desa

196 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tahan 2019 ini Pemkab Gunungkidul mentargetkan seluruh desa mendapatkan layanan akses internet.

Oleh sebab itu, Pemkab terus mendorong pengembangan sistem informasi desa (SID) di 144 desa yang ada.

Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Kelik Yuniantoro, mengatakan akses Internet di desa sangat penting untuk menunjang pengembangan SID. Selain itu keberdaaaan akses ini juga memudahkan dalam upaya pengembangan UMKM hingga promosi destinasi wisata yang ada di setiap desa.

Untuk langkah awal ada 40 desa yang akan dipasang jaringan Internet milik Pemkab. Jika proses selesai maka tahap berikutnya akan dipasang ke seluruh wilayah dengan target selesai di akhir 2019.

“Sudah kami programkan dan setiap desa akan mendapatkan akses dengan kecepatan akses mencapai 10 Mbps,” katanya kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Kelik menjelaskan pemberian fasilitas Internet di setiap desa tidak hanya untuk pengembangan potensi yang dimiliki desa, tetapi juga sebagai upaya pengembangan program smart city milik Pemkab Gunungkidul.

“Tujuan kami untuk mengembangkan smart city dan saya yakin program ini bisa diterapkan di Gunungkidul,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajad Ruswandono, mengatakan Pemkab serius untuk mendukung pengembangan SID di setiap desa. Menurut dia progam ini sangat penting selain untuk menampilkan potensi yang dimiliki desa, laman tersebut juga berfungsi sebagai penyaji data seperti tentang jumlah penduduk hingga keberadaan jumlah warga miskin di wilayah setempat.

“Harapannya dengan SID data yang disajikan benar-benar valid karena prosesnya melibatkan masyarakat yang tahu bagaimana kondisi di lapangan,” katanya.

Namun demikian Drajad tidak menampik hingga saat ini SID masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat keaktifan desa dalam mengelola laman yang dimiliki. Oleh karena itu Pemkab terus mendorong agar desa terus memperbaiki isi data dalam SID sehingga masyarakat bisa tahu perkembangan yang ada di desa.

“Untuk meningkatkan pengelolaan Pemkab menyiapkan lomba SID sehingga bisa memberikan motivasi agar desa terus melakukan update informasi di laman yang dimiliki,” tutupnya. (Bayu)

Related Post