Pemkab Kembangkan Perpustakaan Desa Berbasis Sosial

70 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Gunungkidul saat ini mulai mengembangkan Perpustakaan Desa Berbasis Fungsi Sosial.

Hal ini diharapkan untuk memberdayakan masyarakat dan sebagai wahana untuk meningkatkan minat baca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Ari Ridlo mengatakan dengan konsep perpustakaan berbasis fungsi sosial masyarakat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Saat ini perpustakaan tidak hanya untuk menyimpan buku dan tempat membaca, saat ini perpustakaan harus ada jaringan internet,” tuturnya pada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Menurutnya dengan adanya jaringan internet masyarakat dapat memperoleh informasi yang tak terbatas dengan demikian diharapkan dapat muncul ide-ide baru.

Saat ini dari total 144 desa yang sudah aktif mendirikan Perpustakaan Desa Berbasis Fungsi Sosial baru 29 desa karena masih minim kesadaran desa untuk memanfaatkan Perpustakaan Desa.

“Dengan ide-ide baru masyarakat dapat membuat sesuatu seperti membuat channel di Youtube yang bisa mendapatkan uang, atau menjual barang hasil karya seperti batik bahkan pertanian,” ucapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Kepek, Bambang Setyawan menuturkan untuk mengembangkan perpustakaan pertama kali yang dilakukan adalah mengubah letak perpustakaan sehingga dapat menumbuhkan minat berkunjung masyarakat.

Jika awalnya perpustakaan berada di sudut ruangan kantor desa, kini perpustakaan dipindahkan di gardu pos ronda di tiap-tiap padukuhan.

“Namun ini semua butuh biaya dan program yang serius sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (G1)

Related Post