Pemkab Maksimalkan Pendapatan Parkir

438 views

Parkiran Depan Kios Pasar Argosari (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, memaksimalkan pendapatan pajak parkir yang dikelola oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah yang selama ini mengelola 60 titik.

Kepala Bidang Penetapan dan Pengembangan Pendapatan Mugiyanto mengatakan, pihaknya hanya mengelola khusus pajak parkir, seperti parkir di halaman pertokoan dan rumah. Sementara untuk pengelolaan di pariwisata akan di kelola oleh Dinas Pariwisata dan kantong-kantong parkir dikelola oleh Dinas Perhubungan. “Saat ini, kami hanya mengelola 60 titik pajak parkir saja diseluruh Kecamatan Wonosari,” ungkapnya Senin (16/1/3017).

Mugiyanto menjelaskan, retribusi pajak dari sektor parkir berupa retribusi bukan pajak. Pemkab juga tidak menentukan besaran pajak, namun menyerahkan semua pada pengelola. “Untuk tahun 2016 pemkab mendapatkan lebih dari Rp25 juta,” jelasnya.

Sementara itu Anggota Komisi B DPRD Gunungkidul Aris Siswanto berharap, Pemkab harus mengkaji ulang potensi pajak parkir. Selama ini perkembanganm terus meningkat dengan melihat potensi wisata yang ada di Gunungkidul. Dengan kondisi saat ini seharusnya sasaran pajak serta pendapatan daerah bisa terus meningkat jika aparat memaksimalkan kinerjanya. 

“Saat ini hanya 60 titik parkir seharusnya bisa ditingkatkan pajaknya dengan kondisi pariwisata, Pemkab juga harus bekerja maksimal untuk meningkatkan pendapatan,” katanya. (Heri)

Related Post