Pemkab Rancang Empat Proyek Besar

556 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul merencanakan empat proyek besar dengan nilai ratusan miliar rupiah dinilai akan mendukung pengembangan pariwisata di Gunungkidul.

Empat proyek itu meliputi pembangunan jembatan dan pembuatan jalan. Adapun jembatan yang akan dibangun di antaranya Jembatan Gembyong, Desa Ngoro-Oro, Patuk senilai Rp 61 miliar dan Jembatan Nguwot, Desa Ngalang, sebesar Rp40 miliar. Sedangkan jalan yang akan dibangun meliput akses jalan Kemadang-Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari senilai Rp45 miliar dan jalan Kepek-Pantai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari sebesar Rp44 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunungkidul Eddy Praptono mengatakan, rencana pembangunan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Awalnya usulan ini diberikan ke provinsi untuk dibiayai melalui APBD milik Pemerintah DIY. Namun dalam perkembangan dari keempat usulan tersebut yang disetujui baru di dua program pembangunan jembatan. Sementara untuk pembangunan jalan menuju Pantai Ngrenehan dibiayai secara mandiri oleh kabupaten.

“Kita juga mengusulkan pembangunan jalan Kemadang-Sepanjang agar dibiayai oleh provinsi,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (6/3/2017).

Menurut dia, beberapa program tersebut sudah mulai dilaksanakan, misalnya pembangunan Jembatan Gembyong yang ditarget selesai di akhir tahun nanti.

Sementara itu, Jembatan Nguwot pembangunan di tahap pertama sudah selesai dilanjutkan dan rencananya akan dilanjutkan di 2018, seraya menunggu penyelesaian pembebasan lahan dari lokasi tersebut menuju ke wilayah Gading.

“Untuk dua program lainnya [pembangunan jalan Kemadang-Sepanjang dan Kepek-Ngrenehan] masih dalam proses pembebasan lahan. Tapi khusus untuk jalan Kepek-Ngrenehan, selain melanjutkan upaya pembebasan, pemkab juga sudah mulai melakukan proses pembangunan jalan sepanjang lima kilometer,” ujarnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post