Pemkab Segera Identifikasi Izin Tambang

392 views
image

Lokasi Penambangan Di Desa Sambirejo, Ngawen. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, akan mengindentifikasi ulang izin penambangan menyusul runtuhnya penambangan di Dusun Jentir, Sambirejo, Ngawen, Jumat (3/3) lalu.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, pemkab segera mengidentifikasi ulang izin penambangan di wilayah Gunungkidul. Hal itu menyusul tragedi runtuhnya tebing yang memakan korban sepasang keluarga.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita semua, agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (7/3/2017).

Menurut Badingah, meski ijin penambangan berada dibawah wewenang Pemda DIY, namun sangat penting dilakukan identifikasi. Badingah berharap peran aktif masyarakat untuk melaporkan bila ada penambangan ilegal di wilayahnya. Pengawasan dari tingkat bawah penting dilakukan karena sering kali pengusaha penambangan sering sembunyi-sembunyi.

“Kami akan melakukan identifikasi ulang. Selain itu kami harap masyarakat untuk aktif melaporkan kegiatan penambangan jika diwilayahnya terdapat aktifitas penambangan,” bebernya.

Sementara Ketua Komisi C DPRD Gunung Kidul Purwanto mendesak pemerintah dan aparat penegak hukum menindak tegas pelaku penambangan di Dusun Jentir karena menyebabkan dua orang meninggal dunia.

“Kalau dilihat perizinannya berbeda karena kalau dilihat operasi produksi dan penjualan batu bukan pertambangan, dan diperparah menyebabkan bencana hingga menyebabkan korban jiwa,” katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah memberikan peringatan kepada pengusaha tambang untuk melengkapi izin. Kalau melengkapi izin dipastikan akan ada ahli sehingga bisa mengetahui kondisi langsung di lapangan.

“Izin harus dilengkapi, kalau di sana lokasi tersebut bukan penambangan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post