Pemkab Siapkan Dana Rp1,08 Miliar Untuk Partai Politik

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul, masih menunggu partai politik mencairkan dana bantuan sosial partai.

Sekretaris Kesbangpol Gunungkidul Wahyu Nugroho mengatakan audit Badan pemeriksa Keuangan (BPK) tentang pertanggung jawaban anggaran bantuan untuk partai politik di 2016 sudah keluar. Sehingga pihaknya menunggu proses pencairan untuk masing-masing partai politik.

“Hasilnya sudah keluar dan audit dari BPK merupakan salah satu syarat untuk pencairan dana parpol,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (12/7/2017).

Lebih lanjut, kata Wahyu saat ini pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,08 miliar. Dana tersebut akan disebar sesuai dengan hasil Pemilu 2014 lalu.

Adapun partai politik yang berhak mencairkan dana tersebut yakni parpol PDIP, PAN, Golkar, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PKS, PKB, dan Hanura.

“Anggaran yang disediakan disesuaikan dengan perolehan suara parpol yang memeroleh kursi di dewan,” ucap Wahyu.

Sementara itu, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gunungkidul Arkham Mashudi mengaku sampai saat ini belum ada parpol yang mencairkan anggaran.

“Sampai saat ini belum ada parpol yang mengajukan pencairan dana parpol, jika sudah ada partai yang akan mengambil maka kami siap,” katanya.

Disinggung mengenai kenaikan dana parpol, dirinya belum bisa mamastikan adanya wacana kenaikan dana parpol dari pusat.

“Kami masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post