Pemkab Siapkan Revisi Perda Kepala Daerah

image

Foto: Dok Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Peraturan Daerah No.5/2015 tentang Kepala Daerah segera direvisi. Hal itu mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi tentang penghapusan syarat domisili bagi calon kepala daerah.

Dengan begitu, Pemerintah Kabupaten bersama dengan Anggota DPRD Gunungkidul telah menyepakati mengenai revisi perda tersebut.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, perubahan Perda No.5/2015 disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, revisi dilakukan karena melihat perkembangan dinamika di masyarakat tentang penyelenggaraan pemerintahan desa menjadi pertimbangan.

Di samping itu, lanjut dia, adanya putusan MK tentang uji materi Pasal 33 huruf g dan pasal 50 ayat 1 huruf c, Undang-Undang No.6/2014 tentang Desa.

“Dalam putusan itu MK mengabulkan penghapusan syarat domisili bagi calon kepala desa. Untuk itu, kami harus melakukan penyesuaian terhadap perda yang telah dimiliki,” kata Badingah kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (7/7/2017).

Menurut dia, tujuan utama revisi dilakukan guna menyelaraskan isi perda dengan peraturan di atasanya. Dirinya pun berharap revisi tersebut akan segera terealisasi.

“Harapan kami proses revisi ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan target yang telah ditentukan bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Panitia Khusus DPRD Gunungkidul tentang Perubahan Perda tentang Kepala Desa, Ari Siswanto menuturkan, adanya nota penjelasan bupati tentang rancangan peraturan daerah, kalangan dewan langsung membuat pansus untuk melakukan pembahasan di internal pansus.

“Kami sudah mulai melakukan pembahasan tentang materi yang direvisi,” tuturnya.

Dia menambahkan, dalam pembahasan perubahan Perda tentang Kepala Desa, kalangan dewan juga telah menyiapkan beberapa masukan untuk materi perubahan.

“Adanya wacana ini, kami akan berkonsultasi dengan MK sehingga nantinya usulan yang berkaitan tentang kerarifan lokal tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,” pungkas Ari. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post