Pemkab Siapkan Rp 39 Miliar Untuk Gaji Ke 13 PNS

87 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemkab Gunungkidul memastikan pencairan gaji ke-13 yang akan diterimakan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN ) dan pensiunan akan diterimakan pada minggu pertama Juli 2019 mendatang.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Mugiyono mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah DIY.

“Gaji ke-13 untuk kalangan ASN di jajaran Pemkab Gunungkidul akan dicairkan pada 3 Juli 2019 mendatang,” katanya, Kamis (20/6)

Menurut dia, terkait dengan pembayaran gaji ke13 tersebut pemkab telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 39 miliar bagi ASN yang masih aktif.

Dana tersebut tersumber dari APBD Gunungkidul, masing-masing pegawai akan mendapatkan gaji ke-13 yang tidak sama.

“Besarannya disesuaikan dengan golongan, ruang dan pangkat masing-masing ASN jadi tidak sama rata,” paparnya.

Gaji ke-13 dicairkan pada pertengahan tahun, lantaran fungsi dari gaji ke-13 untuk diharapkan dapat meringankan beban ASN dalam membiayai pendidikan bagi anak pegawai. Momentum masuk sekolah seperti sekarang ini, tidak dipungkiri jika kebutuhan khususnya keuangan akan membengkak.

“Harapannya untuk membantu keuangan ASN, untuk biaya sekolah anak-anaknya,” imbuhnya.

Adapun besaran gaji ke-13 ASN aktif yakni berdasarkan hitungan gaji pokok pada bulan sebelumnya, ditambah dengan tunjangan keluarga, tunjangan jabatan maupun tunjangan umum lainnya.

“Sementara untuk pensiunan besaran gaji ke-13 yang akan diterima meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan tambahan penghasilan,” tutupnya. (Red)

Related Post