Pemukiman Wukirsari, Diserbu Jutaan Lalat

656 views

​​

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jutaan ekor lalat menyerang sejumlah pemukiman di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPAS) Wukirsari Desa Baleharjo . Warga dibuat resah karena serbuan lalat masuk hingga ke dalam rumah-rumah penduduk.

Informasi yang diperoleh Gunungkidulpost.com, Jumat (14/10/2016), serangan lalat hijau sudah berlangsung sepekan terakhir. Pemukiman yang terserang diantaranya pemukiman penduduk di Wukirsari, Desa Baleharjo.

Serangan ratusan ribu ekor lalat itu menyusul musim hujan. Apalagi sering diselingi dengan terang sehingga tumpukan sampah menjadi lembab. Kondisi itu merangsang lahirnya larva yang kemudian berubah menjadi lalat.

“Serangan kali ini sangat meresahkan. Baru tahun ini rasanya jumlahnya sangat banyak. Bisa jadi jutaan ekor. Lalat itu menyerang pemukiman dan masuk rumah-rumah penduduk,” tutur Suratmoko, salah satu warga setempat. 

Serangan lalat memuncak pada pagi sekitar pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB. Biasanya berbarengan dengan mulai datangnya sampah-sampah baru yang menjadi sumber makanan bagi lalat.

Warga mengaku sangat khawatir lalat itu bisa membawa penyakit. Makanya para tokoh dan ketua Rukun Tetangga (RT) , meminta Pemerintah Kabupaten Gunungkidul segera turun tangan membantu mengatasi serangan lalat.

“Kami siap jika pemerintah punya program untuk sama-sama memberantas lalat. Hanya semua harus dimulai dari pengelolaan sampah di TPA sebagai sumber lalat,” ujar Darmosetu. (Bayu)

Related Post