Penanganan Penyandang Disabilitas Belum Maksimal

110 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Meski telah memiliki wadah, penyandang disabilitas di Gunungkidul belum bisa tercover seluruhnya.

Forum Komunikasi Disabilitas Gunungkidul (FKDG) dinilai belum bisa merangkul seluruh penyandang disabilitas di Gunungkidul.

Ketua komite advokasi penyandang cacat Gunungkidul, Untung Subagyo mengatakan FKDG selama ini hanya dikendalikan segelintir orang dan tidak bisa merangkul semua.

Menurut dia, peran Dinas Sosial pun kurang memperhatikan hal itu, dan cenderung berdiam diri.

“Kami mengakui bahwa FKDG belum bisa merangkul semua penyandang disabilitas di Gunungkidul,” ujar Untung kepada wartawan, Minggu (25/3/2018).

Dia dan rekan lainnya berharap agar ada perombakan kepengurusan FKDG sehingga kedepan lebih dapat menaungi semua disabilitas, dan tidak ada yang dirugikan.

“Pihak pemerintah seharusnya lebih bisa membantu juga, tidak perlu kami minta. Apa yang sekiranya kami perlukan dapat dibantu,” tandasnya.

Sementara itu kepala bidang rehabilitasi sosial, Dinsos, Sulistyo Hadi, mengatakan pihak Dinas akan mencoba memenuhi apa yang menjadi kebutuhan para penyandang disabilitas.

Sulistyo Hadi menambahkan, pihanya pun terus akan memberikan dukungan terhadap penyandang disabilitas yang ada di Gunungkidul.

“Apa yang dibutuhkan penyandang disabilitas maupun keinginannya akan segera kami upayakan,” tutupnya. (Bayu)

Related Post