Penataan Kawasan Pantai Hanya Akan Membawa Masalah Baru

129 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Warga yang terdiri dari pedagang, pelaku usaha, dan pelaku wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata di Pantai Baron menilai upaya penataan yang inisiatif akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dianggap tidak perlu dilakukan.

Menurut mereka kondisi pantai saat ini sudah tertata rapi. Seluruh warga, pelaku usaha, pelaku wisata juga telah terfasilitas dengan kondisi saat ini.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)Pantai Baron, Pomo, tidak memungkiri kondisi tersebut. Upaya penataan yang dilakukan Pemkab Gunungkidul pun hanya akan membawa masalah baru bagi masyarakat.

Semula, kondisi di Pantai Baron masih sepi dan tidak banyak aktivitas di sana, hanya nelayan yang melakukan kegiatan penangkapan ikan.

Seiring wisata yang berkembang, Pantai Baron banyak dikunjungi, kegiatan di sana pun juga bertambah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pedagang yang berjualan di Pantai Baron.

Jika dahulu hanya terdapat beberapa pedagang yang berjualan di sana, kini hampir terdapat sekitar 560 pedagang.

“Saat ini sudah ada sekitar 560 pedagang yang tergabung dalam Pokdarwis Pantai Baron. Mereka mencari nafkah dengan berjualan makanan, cenderamata, atau menawarkan jasa,” ujar Pomo, kepada wartawan, Kamis (15/3/2018).

Akibat bertambah banyaknya pedagang dan aktivitas usaha ataupun kegiatan lain yang ada di Pantai Baron, kondisi Pantai menjadi penuh. Tata ruang di kawasan pantai menjadi jenuh dan kurang tertata

“Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang wajar,” paparnya.

Pomo pun menganggap upaya penataan yang inisiatif akan dilakukan pemerintah merupakan langkah yang tidak perlu.

“Kondisi ini sebetulnya tidak terjadi lantaran Baron sudah tertata dengan rapi,” pungkasnya. (Heri)

Related Post