Penataan Kawasan Pantai Jangan Sampai Pedagang Dirugikan

image

Gunungkidulpost.com – Kemadang – Tiga pantai di Gunungkidul bakal segera dilakukan penataan.
Penataan ini menyasar tiga pantai, Baron, Krakal dan Kukup.
Kemudian, disusul dengan Pantai lain di pesisir selatan Gunungkidul, seperti Pantai Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto, mengatakan, Pantai Sepanjang memang membutuhkan penataan. Terlebih saat ini kondisinya masih belum tertata.
Banyak lapak pedagang yang berdiri tak jauh dari bibir pantai, sehingga menghalangi pemandangan pantai.

“Pantai masih belum tertata. Banyak lapak, yang berdiri di bibir pantai, sehingga menghalangi pemandangan wisatawan menuju pantai, untuk itu sebaiknya kita tata agar lebih tertib dan rapi,” ujar Rakhmadian, Minggu (24/9/2017) kemarin.

Rakhmadian mengatakan, pada dialog yang telah dilakukan dengan pedagang, pada dasarnya para pedagang tidak keberatan jika diminta untuk pergi dari tempat tersebut.
Asal disediakan tempat yang representatif untuk mereka.

Sesuai rencana, seluruh bangunan yang ada di sepanjang bibir pantai akan direlokasi ke bagian utara.
Sementara di bibir pantai, akan steril dari aktvitas apapun, kecuali aktivitas wisata, dan dipergunakan untuk ruang publik.

“Kami berkomunikasi dengan para pedagang. Mereka tidak keberataan dilakukan penataan seperti yang diwacanakan oleh pemkab, Konsepnya, seluruh bangunan yang ada di kawasan sempadan akan dipindahkan ke sisi utara,” beber Rakmadian.

Sementara itu, salah seorang pedagang pantai Baron Suharti mengatakan penataan kawasan pantai memang penting dilakukan, namun dalam penataan harus memperhatikan semua aspek dan terkena imbasnya.

Jangan sampai nantinya merugikan para pegadang yang berada di kawasan pantai.

“Semoga dalam pelaksanaan penataan pantai selatan tidak merugikan para pedagang,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post