Penataan Situs Sokoliman Butuh Anggaran Ratusan Juta

172 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul berencana bakal menata ulang Situs Sokoliman di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Untuk biaya penataan tersebut diperkirakan mencapai Rp600 juta.

Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Disbud Gunungkidul, Agus Mantara, mengatakan penataan ulang Situs Sokoliman merupakan hasil koordinasi dari tim ahli BPCB DIY. Menurut dia program penataan sudah masuk dalam program kegiatan di tahun ini.

“Sudah masuk dan rencananya untuk penataan ulang dialokasikan anggaran Rp600 juta,” katanya Sabtu (2/3/2019) kemarin.

Dia menjelaskan penataan situs dilakukan agar keberaadaannya menonjolkan artefak yang asli. Rencananya, miniatur menhir yang sudah bangun akan dirobohkan dan diganti menhir yang asli. Selain itu, Disbud juga membangun satu gazebo di bagian belakang untuk dimanfaatkan menyimpan artefak menhir berukuran kecil.

“Semua sudah dikonsep dan nantinya penataan ditarget selesai tahun ini,” jelasnya.

Mantara menambahkan di dalam rencana penataan tim ahli BPCB meminta agar menhir raksasa berukuran empat meter yang ditemukan di area permakaman umum di Dusun Sokoliman untuk didirikan. Namun demikian, proses ini sulit terealisasi karena menhir patah di bagian leher sehingga sulit didirikan.

“Kami tidak tahu bagaimana cara menyambungnya, tapi kalau memang tidak bisa, solusinya menhir diletakan di area dalam situs,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Disbud Gunungkidul, Winarsih, mengatakan Bumi Handayani memiliki peradaban tertua dan terlengkap di wilayah DIY. Hal ini terlihat dari temuan artefak yang dimiliki mulai dari zaman prasejarah hingga zaman kontemporer.

“Situs Sokoliman merupakan tempat yang memiliki peninggalan paling lengkap. Hingga sekarang di Situs Sokoliman terdapat 248 menhir dan 17 kubur batu,” katanya, beberapa waktu lalu. (G1)

Related Post