Pendaftaran Bacaleg Masih Nihil

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Gunungkidul telah membuka Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019 berlangsung sejak 4 hingga 17 Juli mendatang.

Namun sampai hari ini Senin (9/7) belum ada satu pun bacaleg yang mendaftarkan diri ke KPUD Gunungkidul.

Ketua KPUD Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan mengatakan hingga hari ke lima ini belum ada satu pun partai politik (parpol) yang datang ke kantor KPU untuk mendaftarkan bacalegnya. Ia menduga seluruh parpol masih mempersiapkan berkas persyaratan.

“Sampai hari ini belum ada satu pun yang mendaftar, kemungkinan masih menyiapkan persyaratan berkas,” katanya kepada wartawan.

Zaenuri mengungkapkan kebiasaan parpol menunda pendaftaran bacaleg telah terjadi sejak lama. Namun meski begitu dia memakluminya sebab pengurusan berkas bacaleg tidak berlangsung singkat.

“Semoga saja tahun ini tidak mepet biar tidak numpuk di belakang,” ucapnya.

Meski belum ada parpol yang mendaftar, Zaenuri mengaku sejumlah parpol sudah mendatangi KPUD Gunungkidul untuk berkonsultasi ihwal pendaftaran.

“Sebenanrnya secara teknis mereka [parpol] sudah paham dan hanya memastikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Nasdem Gunungkidul, Parjo mengatakan pihaknya berencana mengumpulkan berkas persyaratan pada 16 Juli nanti. Sebab hingga hari ini berkas yang belum dilengkapi adalah legalisir ijazah.

“Total bacaleg di kami sebanyak 45, untuk persyaratan lain sudah kami penuhi,” paparnya.

Hal senada dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan semua Bacaleg sudah lengkap, namun untuk mekanisme pendaftaran akan diatur DPP untuk mendaftar secara bersama-sama.

“Kami sudah lengkap dan tinggal menunggu waktu yang tepat,” ucap Endah. (Bayu)

Related Post