Pendaftaran Caleg Akan Dibuka 4-18 Juli Mendatang

16 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pendaftaran calon legislatif (caleg) pada pemilu 2019 akan dibuka pada tanggal 4-18 juli 2018, dan harus memenuhi beberapa kriteria.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua KPUKabupaten Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Selasa (29/5/2018).

“Mulai 4 sampai 18 Juli akan kami buka pendaftaran caleg, dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti lebih dari 21 tahun, sudah tidak aktif sebagai PNS, bebas narkotika, dan lainnya,” ujar Zaenuri kepada wartawan.

Selain itu ada kuota khusus untuk caleg perempuan yang harus dipenuhi oleh partai politik yang mengikuti pemilu pada tahun 2019 nanti.

“Dari pemilu lalu tahun 2014 sudah wajib minimal 30 persen caleg perempuan, jadi setiap tiga calon legislatif satunya adalah perempuan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Kabupaten Gunungkidul, Bardi mengatakan nasdem memperbolehkan masyarakat umum untuk menjadi caleg melalui partainya.

“Nasdem tidak eksklusif rekrutmen bakal calon legislatif dari kader partai, pengurus partai, maupun umum asalkan memiliki kualitas,” tuturnya.

Disinggung mengenai maraknya PNS yang mengundurkan diri atau pensiunan untuk maju sebagai calon legislatif, ia mengaku sudah ada beberapa yang mendaftarkan.

“Ada beberapa pensiunan PNS yang sudah bergabung bersama kami,” tutupnya. (Bayu)

Related Post