Pendaftaran Partai Pemilu Terus Bertambah

image

Ketua KPU Gunungkidul, Zainuri Ikhsan (Tengah) didampingi anggota. (Foto: Doc)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hingga saat ini ada 15 partai politik telah menyerahkan berkas salinan bukti keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019 ke KPU Gunungkidul.

Kemungkinan besar jumlah tersebut masih akan bertambah, karena ada lima partai yang mendapatkan perpanjangan waktu.

Dari data yang masuk, ada lima partai merupakan pendatang baru yang terdiri dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Perindo, Berkarya dan Garuda.

Sementara itu, lima partai yang mendapatkan masa perpanjangan penyerahan meliputi PKPI, Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo).

Anggota KPU Gunungkidul Is Sumarsono membenarkan jika partai yang menyerahkan berkas keanggotaan sebagai salah satu syarat mengikuti Pemilu 2019 didominasi oleh partai lama.

“Baru ada empat partai baru yang telah menyerahkan berkas ke KPU,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (17/10/2017).

Pihaknya memprediksi, jumlah tersebut masih bisa bertambah karena ada empat partai baru yang mendapatkan dispensasi penyerahan selama 24 jam.

“Rinciannya ada empat partai baru dan satu partai lama [PKPI] yang mendapatkan masa perpanjangan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ikhsan mengatakan, meski ada masa perpanjangan penyerahan berkas untuk lima partai, namun hal tersebut tidak mengubah komposisi karena dalam pendaftaran didominasi oleh partai yang mengikuti Pemilu 2014.

Ikhsan menjelaskan, setelah berkas penyerahan ditutup, KPU akan mulai melakukan penelitian administrasi.

“Masih kami berikan toleransi waktu hingga 24 jam, setelahnya kami aka  melakukan penelitian administrasi,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post