Pendapatan Daerah Turun Hingga Ratusan Miliar

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pada tahun 2018 mendatang, pendapatan daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul diperkirakan mengalami penurunan hingga miliaran rupiah.

Pemkab Gunungkidul pun diminta cermat menyusun program.
Penurunan pendapatan daerah mencapai sekitar Rp 124 Miliar, dari selisih pendapatan 2017 mencapai Rp 1.816.803.227.922,29 dan perkiraan pendapatan 2018 Rp 1.692.626.017.169,37, bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Bagi Hasil Pajak.

Anggota Badan Anggaran DPRD Gunungkidul Purwanto, mengatakan, penurunan pendapatan daerah ini disebabkan oleh penurunan kiriman dana dari Pemerintah Pusat ke daerah.

“Turunnya dana transfer dari pusat ke daerah ini tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan asli daerah (PAD) secara signifikan. Sehingga menyebabkan turunnya pendapatan daerah,” kata Purwanto kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (5/9/2017).

Menurut Purwanto, pada pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2018 dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dapat mencermati adanya penurunan pendapatan daerah ini.

“Perencanaan kegiatan harus dilakukan secara matang, dan perlu dikaji secara mendalam,” ujarnya.

Purwanto menambahkan, pemangkasan Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus yang diberikan pemerintah pusat juga terhadap belanja yang dimiliki pemkab, baik belanja modal dan belanja lansung.

“Harus segara menyusun langkah yang tepat supaya Pemkab tidak babak belur,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post