Penderita HIV/Aids Di Gunungkidul Terus Meningkat

37 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pertengahan tahun 2018 ini jumlah penderita HIV dan Aids di Gunungkidul terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Gunungkidul, penderita HIV/Aids sampai dengan 2018 tersebut mencapai lebih dari 500 penderita.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka. Menurut dia, data jumlah temuan penderita HIV per Juni 2018 mencapai 337. Sementara untuk AIDS sebanyak 208.

“Jumlah itu akumulasi sejak 2006, khusus tahun ini yang kita temukan ada 36 penderita HIV dan 21 penderita Aids dengan rentang usia anak-anak hingga dewasa,” kata Priyanta Madya, Selasa (04/9/2018) kemarin.

Priyanta mengatakan sejumlah upaya untuk mengungkap dan melakukan penekanan terhadap persebaran penyakit ini terus dilakukan oleh pihaknya. Di antaranya yaitu sosialisasi yang menyasar ke masyarakat usia muda hingga dewasa. Ini lantaran pergaulan kaum muda yang kelewat batas berpotensi terserang penyakit ini.

“Mereka yang terkena penyakit ini terus kami pantau dan dan dampingi dalam pengobatannya,” ujar Priyanta.

Sementara itu, Programer HIV Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Gunungkidul, Ani Hidayati menjelaskan dari ratusan pendertia Aids yang tercatat, terdapat sekitar 3,5% adalah anak-anak.

Adapun prosentasi jumlah penderita HIV dan Aids didominasi oleh laki-laki yakni sebesar 55%. Sisanya perempaun sebanyak 45%.

“Biasanya ini terjadi karena anak-anak tertular oleh orang tuanya yang terlebuh dulu kena penyakit ini,” kata Ani.

Pihaknya pun menghimbau masyarakat untuk lebih aktif melakukan pemeriksaan. Selain itu menjaga pergaulan agar tidak terjerumus dalam sex bebas tanpa pengaman yang berpotensi menjadi media penularan penyakit ini. (Bayu)

Related Post