Penemuan Batu Misterius Gegerkan Warga Bleberan

307 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Batu yang diduga sebagai menhir dan lemoengan batu yang bergambar wayang ditemukan warga Dusun Sawahan II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul.

Hal itu membuat heboh dan mengundang perhatian warga sekitar.

Seorang warga Dusun Sawahan II, Edi Pramono mengatakan batu diduga menhir ditemukan pada hari Selasa (19/11/2019). Sedangkan batu yang bergambar wayang ditemukan pada hari Sabtu (16/11/2019) dan saat ini diletakkan di pekarangan milik Ngadiono.

“Saat ini keduanya diamankan di lahan persawahan masyarakat menyebutnya Murklampok,” katanya, Kamis (21/11/2019).

Menurut dia, awalnya batu yang diduga menhir ditemukan pemilik lahan yang sedang akan mempersiapkan lahan yang akan ditanami jagung.

Batu bergambar wayang setinggi 1,5 meter ditemukan di hutan kayu putih.
Lanjutnya, awalnya pemilik lahan mengira bahwa batu yang diduga menhir tersebut adalah kijing atau batu nisan dan sempat beberapa kali dipindah oleh pemilik lahan.

“Setelah mendengar adanya penemuan tersebut kami bersama masyarakat memindahkannya. Lalu warga setempat telah sepakat untuk merahasiakan lokasi ditemukannya kedua batu ini, sebelum petugas meninjau lokasi, karena khawatir akan didatangi pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Mantara mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi terkait penemuan dua buah batu tersebut.
Dirinya pun mendapatkan informasi bahwa Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) akan datang pada hari ini.

“Dibutuhkan penelitian lebih lanjut apa benar penemuan itu merupakan cagar budaya atau tidak. Jika iya makan akan menambah potensi benda bersejarah,” tutupnya. (Falentina)

Related Post