Penerbitan KIA Masih ‘Ngambang’

436 views
image

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiantoro. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul terus menggaungkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Namun hingga saat ini dinas belum mendapatkan  kiriman blangko KIA dari pemerintah Pusat.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, pihaknya sudah siap untuk menerbitkan KIA bagi penduduk usia 0 hingga 17 tahun kurang satu hari. Namun sampai saat ini pemerintah belum mengirimkan blangko KIA.

“Belum ada kabar mau dikirim kapan namun kami siap kapan saja jika blangko sudah dikirim oleh pusat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (9/4/2017).

Pihaknya mengklaim, sudah siap untuk langsung mencetak KIA. Pasalnya untuk melakukan pencetakan setiap keping KIA tidak memerlukan waktu yang lama. Untuk 10.000 keping saja kata dia tidak akan memerlukan waktu hingga sepekan untuk mencetaknya.

“Kalau siap, kami juga sudah siap. Begitu blangko datang langung kami cetak dan selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Karangmojo, Aji Pramono mengatakan telah mendapatkan pemberitahuan dari Disdukcapil perihak sosialisasi KIA. Awalnya dia mendapatkan pemberitahuan akan mendapatkan sosialisasi pada Februari, namun pada Maret lalu pihaknya mendapatkan surat perihal adanya penundaan sosialisai hingga pertengahan April.

“Ya kami sebenarnya sudah menungu adanya sosialiasi KIA dari Disdukcapil,” kata Aji. Menurutnya KIA sangat dibutuhkan oleh para siswa. Pasalnya para siswa yang notebene belum memiliki E-KTP kesulitan untuk mengakses berbagai layanan, seperti program beasiswa ataupun asuransi kesehatan,” tutur Aji. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post