Penetapan UMK Masih Nunggu Keputusan Pusat

135 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Gunungkidul siap membahas mengenai penetapan upah minimum kabupaten (UMK) bagi para pekerja.

Rapat Dewan Pengupahan tersebut siap digelar guna membahas untuk penetapan besaran laju inflasi dan tingkat pertumbuhan ekonomi dari Pemerintah Pusat.

Kepala Disnakertrans Gunungkidul, Purnamajaya, mengatakan penetapan upah minimum kabupaten (UMK) mengacu pada Peraturan Pemerintah No.78/2015 tentang Pengupahan. Sesuai dengan aturan tersebut penetapan sangat mengacu pada dua indikator yakni laju inflasi dan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, dua komponen inilah yang menjadi penentu berapa besaran kenaikan upah di tahun depan.

“Kami masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat terkait dengan berapa laju inflasi dan tingkat pertumbuhan ekonomi di tahun ini,” katanya, Minggu (13/10/2019).

Purnamajaya menjelaskan tanpa adanya penetapan tersebut maka kabupaten tidak bisa membahas usulan upah dalam rapat koordinasi di Dewan Pengupahan yang terdiri dari Pemkab, serikat pekerja dan asosiasi pengusaha.

“Nanti kalau sudah ditetapkan kami segera menyusun jadwal untuk pertemuan. Yang jelas, pengusulan dilaksanakan di bulan ini,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Konfenderasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Gunungkidul, Budiyono, mengatakan jajarannya siap menghadiri rapat pembahasan UMK 2020. Menurut dia besarannya akan dibahas dalam rapat Dewan Pengupahan yang difasilitasi oleh Pemkab.

“Kami siap hadir dalam pembahasan itu” ucapnya. (Bayu)

Related Post