Pengadaan Buku Ajar SD Senilai Rp 3,7 Miliar Gagal Lelang

194 views

Disdikpora Saat Menggelar Jumpa Pers. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pengadaan buku ajar senilai Rp 3,7 miliar untuk tingkat SD di Kabupaten Gunungkidul pada tahun lalu dipastikan gagal.
Kegagalan tersebut berdampak pada penyerapan anggaran dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul sepanjang 2017.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora Gunungkidul Sudya Marsita mengatakan, kegagalan lelang pendagaan buku ajar tingkat SD menjadi catatan selama penyelenggaraan kegiatan di 2017.

Menurut dia, paket lelang senilai Rp 3,7 miliar gagal terlaksana karena masalah teknis mengenai petunjukan aturan dari Pusat.

“Waktunya sangat terbatas dan pemberian juknis untuk pengadaan diberikan mendekati batas akhir sehingga kami gagal melakukan lelang,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/1/2017).

Kegagalan lelang buku ini pun berdampak terhadap penyerapan anggaran. Kendati demikian, Marsita mengaku tidak bisa berbuat banyak karena hambatan lebih disebabkan karena aturan.

“Juknis ini sangat penting karena sebagai pedoman pengadaan. Jadi kami harus mematuhinya agar terhindar dari masalah hukum kelak di kemudian hari,” bebernya.


Sementara itu, Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid menuturkan, kendati gagal melakukan lelang buku ia mengaku senang dengan kerja keras yang dilakukan di 2017 memberikan hasil yang maksimal. Hal ini dapat terlihat dari penyerapan anggaran yang dimiliki oleh dinas karena capainya menembus 92%.

“Kerja keras selama 2017 sangat berjalan dengan baik. Bahkan penyerapan anggaran menembus 92%,” tuturnya. (Bayu)

Related Post