Pengembangan Jaringan Pipa Air Bersih, PDAM Sasar Dua Dusun Di Sumberwungu

793 views

Warga nampak antusias dengan adanya pembangunan pipa air bersih (Foto : Nena)


Gunungkidiulpost.com – Wonosari – Sejumlah desa di kabupaten Gunungkidul menjadi target program air minum bersih PDAM masuk desa. Hal tersebut dikarenakan banyak desa yang sampai saat ini belum tersentuh jaringan air bersih.

Seperti yang terjadi di desa Sumberwungu, kecamatan Tepus. Melalui adanya program pengembangan jaringan pipa dari pemerintah dan PDAM, air bersih sudah dapat mengaliri di dua dusun di desa setempat.

Kepala cabang PDAM Bribin Kecamatan Semanu Wasidi mengungkapkan, pada tahun ini dua dusun yakni dusun Karangtengah I dan Karangtengah II mendapat jatah pemenuhan air bersih. Pihak PDAM bekerjasama dengan DPU Gunungkidul melakukan uji coba pemasangan pipa air bersih sepanjang 2950 meter.

“Jadi kami mendapat proyek untuk pemasangan pipa air bersih dari DPU 2200 meter. Sedangkan untuk pengembangan relokasi 750 meter, totalnya ada 2950 meter,” katanya, Senin (21/11/2016).

Wasidi menjelaskan, aliran air pipa sepanjang 2950 meter itu diambil dari R5 Bribin, nantinya pemenuhan air bersih dapat mencukupi masyarakat dua dusun di desa tersebut. Ditargetkan pengerjaan proyek ini akan selesai dalam kurun waktu 63 hari.

“Uji coba pemasangan pipa ini sudah berhasil dan dapat teraliri air bersih. Sehingga hal ini sangat diharapkan masyarakat, karena di wilayah tersebut rawan kekeringan,” ujarnya.

Dari segi anggaran pembangunan pipa baru, Wasidi tidak mengetahui secara pasti. Sebab anggaran tersebut sebagian besar dari DPU. “Yang jelas dari masyarakat hanya membiayai biaya pemasangan itu sendiri, kemudian dari PDAM shering dana karena dari swadaya masyarakat masih kekurangan,” terangnya.

Sementara itu, Dukuh Karang Tengah, Surianto mengatakan, Surianto mengatakan, adanya pengembangan pembangunan pipa dari PDAM ini sangat membantu masyarakat. Dengan begitu, kedepanya diharapkan air lancar dan mencukupi masyarakat, sehingga tidak tergantung dari air tengki untuk kebutuhan sehari-hari.
“Jadi kalau bantuan meteran sebanyak 30 paket ini, sudah bisa merata ke seluruh warga. Untuk satu meteran bisa hingga 4-5 kepala keluarga,” pungkasnya. (Nena)

Related Post