Pengelolaan Retribusi Pariwisata Segera Diambil Alih

333 views
image

Pos Retribusi Di Kawasan Pantai Selatan Gunungkidul. (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pengelolaan penarikan retribusi yang selama ini ditangani oleh Dinas Pariwisata akan segera dicabut oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono menuturkan, Pemkab memiliki wacana pemindahan kewenangan dalam pengelolaan pariwisata. Rencananya, pengelolaan retribusi tidak lagi ditangani Dinas Pariwisata.

Pencabutan ini tertuang dalam Raperda Perubahan tentang Perda No.5/2017 tentang Perubahan Kedua Perda No.6/2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. Di dalam revisi itu,  Dinas Pariwisata Gunungkidul diminta fokus dalam pengembangan sektor kepariwisataan.

“Dinas Pariwisata Gunungkidul diminta fokus untuk pengembangan sektor kepariwisataan,” tuturnya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (17/10/2017).

Menurut Hary, kewenangan dalam pengelolaan retribusi akan dicabut sehingga tidak lagi dibebani masalah target maupun capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi wisata.

“Untuk sekarang masih dalam pembahasan dengan dewan. Jadi kepastiannya masih menunggu draf raperda disahkan,” ungkapnya.

Disinggung mengenai proses perubahan yang kurang dari setahun dirinya tidak menampik perubahan tentang Perda Retribusi Rekreasi dan Olahraga dibutuhkan karena melihat kondisi di lapangan.

“Ya tunggu saja nanti pembahasan perda terakhir,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post