Pengrajin Sangkar Burung Mulai Kebanjiran Order

1024 views
image

Salah Satu Pengrajin Sangkar Burung Saat mengerjakan Orderannya. (Foto:Bayu)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Peluang pasar kerajinan sangkar burung oleh warga Dusun Nitikan Barat, Desa Semanu, Kecamatan Semanu mulai memperoleh hasil. Pasalnya peningkatan itu lantaran semakin banyaknya pencinta burung kicau di wilayah Gunungkidul.

Kini industri rumahan kerajinan sangkar burung telah menjadi andalan dan mendongkrak ekomoni keluarga.

Kepala Desa Semanu, Andang Yunanto mengatakan, pasar kerajinan sangkar burung memang cukup menjanjikan. Permintaan datang tidak hanya dari kawasan kecamatan semanu, melainkan banyak juga dari daerah-daerah lain di Pulau Jawa.

“Industri rumahan kerajinan sangkar burung termasuk menjadi andalah di desa kami. Sentranya ada di dua dusun yakni Dusun Nitikan Barat dan Nitikan Timur,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (16/4/2017).

Saat ini ada sekitar 10 kelompok perajin sangkar burung yang berada di Dusun Nitikan Barat dan Nitikan Timur.
Dengan semakin banyaknya industri rumahan kerajinan sangkar burung sejak 10 tahun terakhir, pihaknya kini melakukan sejumlah upaya pengembangan. Salah satunya adalah dengan memfasilitasi para perajin untuk mendapatkan pelatihan.

“Kami mendorong supaya para perajin dapat terus berinovasi, agar dapat memenangkan persaingan pasar,” bebernya.

Sementara itu, salah satu perajin sangkar burung asal Dusun Nitikan Barat, Supriyanto menuturkan, telah menekuni usaha pembuatan sangkar burung sejak tujuh tahun terakhir. Dia mengaku selama ini permintaan sangkar burung stabil, setiap bulan minimal ada 10 sangkar yang dipesan. Saat ini telah menembus ke berbagai propinsi di Indonesia.

“Selain memenuhi pesanan, saya biasanya menjualnya ke pedagang yang katanya didistribusikan hingga Jakarta,” tuturnya.

Harga yang dipatok untuk satu sangkar burung berbeda-beda tergantung dengan ukuran dan model. Dari yang paling kecil dan sederhana seharga Rp15.000 hingga yang paling mahal Rp150.000 untuk sangkar dengan model ukiran. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post