Pengurangan Kuota Gas, Berimbas Pada Penumpukan Gas Kosong

676 views

Ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kelangkaan gas elpiji 3kg di beberapa kecamatan Gunungkidul disebabkan karena adanya pengurangan distribusi gas kepada agen. Sehingga berimbas pada banyaknya penumpukan gas kosong.

Salah seorang agen gas elpiji 3 kota Wonosari, Rina  membenarkan adanya pengurangan jatah gas elpiji 3 Kg kepada pengecer dari mereka, hal ini disebabkan penambahan kuota gas 3 Kg, untuk menghadapi bulan Natal dan Tahun Baru beberapa bulan mendatang, sehingga tidak dapat memenuhi peningkatan kebutuhan dari masyarakat. Dengan lonjakan permintaan gas elpiji 3 Kg tersebut sudah dilaporkan kepada Pemkab Gunungkidul, namun belum ada tanggapan untuk penambahan kuota.

“Memang kuota gas elpiji 3 Kg yang ada pada kami saat ini tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, karena melonjaknya permintaan gas, pasokan dari Pertamina juga tersendat saat ini,” katanya.

Rina mengaku, berharap adanya penambahan kuota gas elpiji ini, untuk mengantisipasi terjadinya ketidak stabilan harga di tingkat pengecer.
“Kita kewalahan dengan permintaan gas 3 Kg dari masyarakat,  banyak yang sudah menitip tabung kepada kami, sehingga pasokan kepada warung pengecer kami kurangi,” ujarnya.

Rina mengaku, terjadinya kelangkaan gas ini juga berimbas pada kenaikan harga. Sebelumnya, ia menjual per gas seharga Rp. 15.500, akan tetapi banyaknya permintaam konsumen untuk memesan gas 3kg tersebut menjadi Rp. 19.000.

“Karena memang terjadinya kelangkaan ini, harga gas menjadi naik. Itu juga karena untuk pengiriman yang jaraknya cukup jauh serta memang daerah Wonosari juga kesulitan gas,” jelasnya.

Rina menambahkan, penambahan kuota Gas elpiji 3 Kg guna menghadapi bulan Natal dan Tahun Baru dari Pertamina kepada agen dirasa sangat kurang, karena banyak yang tidak dapat memenuhi peningkatan kebutuhan gas dari masyarakat setempat. “Banyak warung-warung pengecer, yang kurang pasokan gas. Sehingga menumpuknya tabung gas kosong juga terjadi,” pungkasnya. (Nena)
  

Related Post