Penjual Takjil Bertebaran, Banyak Makanan Sehat Belum Teruji

20 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki hari kedua bulan Ramadan, penjual jajanan takjil marak bertebaran disejumlah tempat strategis di wilayah kota Wonosari.

Namun seiring dengan hal itu, Dinas Kesehatan selama ini belum ada pengujian makanan takjil yang dijual maupun dibagikan di masjid-masjid di Gunungkidul.

Hal itu diungkapkan oleh kepala Dinas Kesehatan Dewi Irawati saat ditemui Gunungkidulpost.com, Jumat (18/5/2018).

“Pengujian makanan takjil memang belum ada selama ini karena takjil dibuat oleh masyarakat luas, tetapi nanti menjelang hari raya akan dilakukan razia ke beberapa toko modern,” ujarnya kepada wartawan.

Dia mengatakan dalam razia tersebut akan lebih fokus kepada makanan-makanan yang hampir kadaluwarsa atau yang sudah kadaluarsa.

“Kami akan memfokuskan pada makanan- makanan yang dikemas pada parsel lebaran, biasanya penjual mensiasati makanan yang hampir kadaluarsa dimasukkan kedalam parsel agar tidak terlihat tanggal kadaluarsanya,” ungkapnya.

Sementara itu pedagang makanan takjil tradisional tumiyem mengatakan, selama ini memang tidak ada pemeriksaan makanan yang dilakukan dinas kesehatan. Namun dia mengklaim jajanan yang dijual tergolong sehat dan tidak berbahaya.

“Memang tidak ada pemeriksaan dari dinas manapun, tetapi kami tetap berusaha menjaga kebersihan makanan, agar tidak mendapat komplain dari pelanggan,” ungkapnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post