Penuhi Terget, Pendapatan PBB Tembus Rp16,8 Miliar

425 views

Ilustrasi. Net


​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hasil pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) pada tahun 2016 mencapai Rp 16,8 miliar. Hasil perolehan tersebut sedikit melapaui target yang telah ditentukan yakni sebesar Rp 16,75 Miliar.

Kepala Bidang Penagihan dan Pelayanan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunungkidul, Marwoto Agus Basuki mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak telah sedikit berhasil melampaui tergat yang telah ditentukan. Menurutnya, terakhir pada Minggu (1/1) yang lalu telah mencapai Rp 16,8 Miliar.

“Jumlah yang diperoleh pada tahun 2016 meningkat dari tahun 2015 lalu yang hanya mencapai Rp 15,9 miliar,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (4/1/2016).

Marwoto menjelaskan, jumlah wajib pajak di Gunungkidul yang telah membayar pajak sekitar 600.000 orang. Untuk tahun 2017 mendatang pihaknya akan menaikkan target. “Setiap tahun jelas target kami naikkan, karena Jumlah wajib pajak terus berkembang,” jelasnya. 

Pihaknya juga akan melakukan identifikasi terkait adanya wajib pajak yang belum melaksanakan kewajibannya. “Akan kami rekap sehingga nantinya akan kelihatan wajib pajak yang belum membayar PBB,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKAD Kabupaten Gunungkidul Supartono berharap masyarakat membayar PBB dengan tepat waktu. Sehingga hal itu akan mendukung pendapatan asli daerah guna melakukan pembangunan di Gunungkidul. “Harapan kami agar masyarakat sadar akan pentingnya membayar kewajiban pajak,” ucapnya. (Bayu)

Related Post