Perahu Terbalik Diterjang Gelombang, Dua Nelayan Selamat

351 views

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Panggang – Akibat gelombang tinggi yang terjadi di perairan selatan, sebuah perahu jungkung milik nelayan pencari ikan, terbalik. Dalam kejadian tersebut 2 ABK selamat namun 1 diantaranya mengalami luka-luka.

Sekretaris SAR Korwil 2, Surisdiyanto
mengatakan, Kecelakaan laut yang menimpa sebuah perahu nelayan tersebut terjadi saat korban yakni, Turyono (32) bersama rekannya Tumin (35) melaut pada dini hari kemarin dari pantai Gesing mengarah ke pantai Cangkring, Poncosari, Srandakan Bantul. Diduga terlalu menepi, perahu yang ditumpanginya terhantam ombak dan terbalik. “Dua ABK berusaha menyelamatkan diri dengan cara berenang menepi,” ungkap Surisdiyanto Minggu (19/2/2017).

Melihat kejadian tersebut, salah seorang saksi Hardi Nugroho segera melaporkan kejadian tersebut ke pos Pol Air Kuwaru dan anggota SAR, mendapatkan laporan tersebut, Tim SAR segera menuju lokasi untuk menyelamatkan korban.”kedua korban lalu dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo, menuturkan, pihaknya telah mendapatkan peringatan terhadap gelombang tinggi dari BMKG, bahwa terjadi gelombangsetinggi 2-3 meter pada pekan ini.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk berwaspada terhadap ancaman gelombang tinggi yang sewaktu-waktu bisa terjadi. “Wisatawan atau pengunjung pantau untuk tidak bermain-main air di pantai. Nelayan pun diminta untuk tidak nekat melaut dalam kondisi gelomabng tinggi seperti sekarang,” ujar Budhi. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post