Perajin Usaha Kecil Butuh Perhatian

400 views


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sejumlah pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Gunungkidul mengaku belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah. Sebagian besar memilih untuk mengembangkan secara mandiri.
Salah satu pengusaha batik tulis di Padukuhan Kepek I, Desa Kepek, Wonosari, Sumarni mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum memperoleh perhatian dari Pemkab terkait pengembangan usaha yang dia kembangkan sejak dua tahun yang lalu. Ia mengaku selama ini usaha yang digelutinya bersama ibu-ibu rumah tangga haruss mengembangkan secara mandiri.
“Selama ini belum ada pertahian dan bantuan dari Pemkab Gunungkidul untuk mengembangkan usaha batik ini,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (2/9/2016).
Menurut Sumarni, pemberian pelatihan maupun bantuan sangatlah dibutuhkan sebagai pengembangan usaha. Pihaknya berharap, pemerintah turun tangan membantu mengembangkan UMKM di Gunungkidul. 
“Harapan kami agar Pemkab turun tangan langsung membantu mengembangkan UMKM di Gunungkidul,” ujarnya.
Sementara itu, salah satu pengrajin batu di Semanu Gunungkidul, Bambang mengaku, selama ini baik dinas maupun pemkab belum pernah memberikan pelatihan maupun pembekalan yang menyasar pada kerajinan batu ukir. Dirinya berharap, mendatang agar diagendakan untuk kegiatan yang menunjang UMKM.
“Sebaiknya ya diadakan pelatihan meupun promosi, supaya UMKM dapat berkembang,” ucapnya. (Bayu)

Related Post