Peran Komite Sekolah Belum Optimal

248 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dewan Pendidikan Kabupaten Gunungkidul soroti peran komite sekolah yang dinilai belum optimal dalam peningkatan mutu pendidikan. Banyak komite yang dibentuk belum sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Andang Suhartanto menuturkan, banyak diantara komite sekolah yang dibentuk belum sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 75 /2016 tentang komite sekolah. Salah satunya yakni mengenai syarat keanggotaan komite.

“Banyak sekolah yang belum paham mengenai peran dan keanggotaan komite,” tuturnya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (20/10/2017).

Menurut dia, banyak komite sekolah diisi oleh orang yang sudah tua. Hal itu kan tidak mungkin jika mereka memilik anak  yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Pihak sekokah pun banyak yang tidak memenuhi aturan dalam pembentukan komite sekolah.

“Ada sekitar 80 persen sekolah yang belum memenuhi aturan tentang pembentukan komite,” tandasnya.

Dia menambahkan, komite sekolah pada hakikatnya dibentuk untuk menjembatani sekolah dengan wali murid. Sehingga jika orang tua murid tidak banyak dilibatkan maka akan minim transparansi perihal dana dan sumbangan yang banyak dikeluhkan oleh orang tua wali.

“Komite sekolah memiliki peran untuk mencari tambahan dana sekolah jika masih terdapat kekurangan. Sehingga harus ada penjembatan antara wali dengan sekolah,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan, banyak komite yang dibentuk tidak sesuai dengan aturan. Namun demikian pihaknya terus akan melakukan sosialisasi ke tiap sekolah mengenai Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 75 /2016 tentang komite sekolah.

“Memang masih banyak sekolah yang tidak tau aturan mengenai komite sekolah. Sehingga kami akan terus melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah di Gunungkidul,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post