Peran Penting Posyandu, Pemkab Siap Gelontorkan Anggaran

118 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk menjadi masyarakat yang sehat dan kebal terhadap penyakit, masyarakat diminta untuk lebih sadar akan pentingnya imunisasi bagi putra putrinya.

Demam yang terjadi pada anak pasca imunisasi, hanyalah sebuah proses untuk menjadi sehat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi saat Tilik Posyandu, dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia, Imunisasi Lengkap Gunungkidul Sehat Tahun 2019 di Desa Bendung, Kecamatan Semin, Kamis, (25/04/2019).

“Tidak hanya bayi yang diperhatikan, Lansia juga perlu diperhatikan. Dengan demikian maka menjadi penting jika posyandu ini juga dijadikan sebagai posbindu,” kata Immawan.

Immawan mengatakan, Lansia sangat perlu diperhatikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Kita harus mampu membuat Lansia senang dan bahagia,”tuturnya.

Pada kesempatan itu, Immawan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi Pemerintah Desa yang sudah mengalokasikan anggaran dana desa untuk sarana prasarana kesehatan.

Terlebih kepada para ibu hamil untuk lebih memperhatikan kesehatannya agar ibu dan anak terjamin kesehatannya.

“Sangat kami apresiasi dan akan kami alokasikan anggrannya,” ucap Immawan.

Sementara itu, Kades Bendung, Didik Rubiyanto, menyampaikan, mengacu pada Peraturan Bupati No 60 Tahun 2018 Tentang Pemanfaatan Anggaran Belanja Dana Desa sebagian sudah dimanfaatkan sebagai penunjang fasilitas sarana prasarana kesehatan desa.

“Tahun 2018 sebesar Rp 147.037.000,- dan tahun 2019 meningkat sebesar Rp 165.123.900,-dan pada tahun ini akan diupayakan pengadaan Ambulan Desa,”papar Didik. (Santi)

Related Post