Perangkat Resah, Termin Ketiga Dana Desa Tak Kunjung Cair

21 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pencairan dana desa termin ketiga di tahun 2018 ini dikeluhkan oleh hampir semua perangkat desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Sejumlah kepala desa di Gunungkidul mengeluhkan lantaran pencairan dana desa termin ketiga hingga saat ini tak kunjung cair.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala DesaPacarejo Kecamatan Semanu, Suhadi. Menurut Suhadi alokasi dana desa sebesar 40% hingga saat ini belum cair.

Menurutnya dari segi persyaratan desa sudah memenuhi namun dana sebesar Rp 300 jutaan hingga saat ini belum cair.

“Kami pihak desa harap-harap cemas karena dana desa belum juga cair,” katanya kepada Wartawan, Minggu (4/11/2018) kemarin.

Ia berharap agar termin ketiga segera dicairkan karena berkaitan dengan proses pelaksanaan kegiatan di desa, selain itu jika pencairan mepet pihak desa juga dikejar waktu dalam pembentukan laporan pertanggungjawaban.

“Kalau molor kami takut dapat berpengaruh pada pelaksanaan hingga penyusunan LPJ,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kades Bendung, Semin, Didik Rubiyanto.

Menurut dia, Pemkab Gunungkidul harus segara mencairkan dana desa termin ketiga agar pelaksanaan kegiatan di desa tetap berjalan dengan lancar.

“Info yang saya dapat dana sudah berada di kas daerah, tetapi saya tidak mengetahui kenapa hingga sekarang belum ditransfer,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul Subiantoro membenarkan hingga sekarang banyak kepala desa yang menanyakan kapan pencairan termin ketiga dilakukan.

Pihaknya akan mempercepat proses pencairan akan melakukan koordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah.

“Dana sudah ada di kas dan tinggal ditransfer ke pihak desa,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post