Peraturan Lima Hari Sekolah, Bagaimana Nasib Guru Honorer dan Siswa?

image

Konsisi Siswa Saat Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sudah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) tentang lima hari sekolah dalam sepekan. 

Hal ini tak hanya berdampak pada murid namun juga dikalangan guru tidak tetap (GTT) yang selama ini digaji dibawah standar.

Salah satu Guru Tindak Tetap (GTT) Bayu Prihartanto mengatakan, dengan adanya peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan dirinya merasa keberatan.

Sebab, Setiap bulannya dirinya mendapat honor setiap bulannya Rp 400 ribu dari sekolah, ditambah tunjangan dari pemerintah Rp 200 ribu perbulannya yang diterima 3 bulan sekali, cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

“Saya harus bekerja disektor lain seusai mengajar jika harus menunggu sampai sore, bagaimana pekerjaan saya yang lain. Sementara jika mengandalkan honor sekolah jelas tidak memungkinkan,” katanya Bayu saat ditemui Gunungkidulpost.com di SD Negeri Wonosari IV, Selasa (13/6/2017).

Selama ini dirinya membuka warung makan lesehan di pusat kota wonosari. Setiap pukul lima pagi sudah mempersiapkan dagangan, lalu dilanjutkan mengajar. 

“Siang hari saya juga harus mempersiapkan kebutuhan warung. Pemerintah harusnya memberikan solusi terkait kondisi seperti ini jangan asal menentukan kebijakan,” tandasnya.

Sementara dari sisi siswa, butuh penyesuaian lebih dahulu. 

Seperti yang diungkapkkan Kepala Sekolah SMP N 1 Saptosari, Suyanto. Menurutnya, butuh penyesuain yang lebih lama karena fokus belajar juga berkurang.

“Untuk anak didik perlu penyesuaian dalam metode belajar, karena siang hari fokus belajar akan berkurang,” bebernya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga (disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rosyid mengaku selama ini pihaknya belum menerima surat dari pusat. 

“Baru akan disosialisasikan setelah ada surat dari dinas propinsi. Dan kita tunggu saja info mendatang,” tutupnya. (Heri)

Related Post