Peredaran Narkoba di Gunungkidul Semakin Meningkat

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Peredaran Narkoba di wilayah Gunungkidul semakin memprihatinkan. Pasalnya, jumlah kasus yang berhasil diungkap oleh jajaran Satuan Reserse Narkoba (Reskoba) Polres Gunungkidul meningkat dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun lalu, polisi hanya mengungkap 14 kasus. Namun hingga akhir Juli ini, sudah terdapat 16 kasus pengungkapan Narkoba.

Kepala Satreskoba Polres Gunungkidul AKP Riko Sanjaya mengatakan, kasus peredaran narkoba yang ditangani terus berfluktuatif dari tahun ke tahun.

Namun sejak tahun 2015 lalu terjadi peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan pengungkapan kasus yang ditangani petugas.

“Hingga saat ini kami menangani 16 kasus. Itu artinya, jumlah kasus yang ditangani melebihi yang diungkap di tahun lalu,” kata Riko kepada wartawan, Sabtu (29/7/2017).

Dia menjelaskan, dari 16 kasus yang ada, 12 kasus di antaranya sudah dilimpahkan ke kejaksanaan, sedang 4 lainnya masih dalam pemeriksaan petugas.

“Kalau sudah lengkap akan kami limpahkan ke kejaksaan untuk menyusul  kasus-kasus lain yang telah diselesaikan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Riko menambahkan, pengungkapan kasus yang dilakukan didominasi oleh kasus peredaran obat-obaatan dengan harga murah yang nilainya di kisaran ribuan hingga puluhan ribu rupiah.

Ia tidak menampik, dari 16 kasus yang diungkap terdapat penemuan ganja dan sabu. Namun dari jumlahnya tidak semarak dengan penemuan jenis pil koplo.

“Kondisi ini patut kita waspadai karena perderannya bisa menyasar ke semua kalangan sehingga peredarannya harus benar-benar dilakukan pencegahan. Apalagi obat-obatan jenis ini harganya relatif murah,” ungkap dia. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post