Perekaman E-KTP Terus Meningkat, Percetakan Menjadi Lambat

417 views




Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jumlah masyarkat yang melakukan perekaman E-KTP terus meningkat. Sehingga tingginya perekaman ini menyebabkan percetakan lebih dari dua pekan, mengingat batas pembuatan E-KTP itu sendiri hingga 30 September mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul Eko Subiantoro mengatakan, jika adanya batas pembuatan E-KTP, berpengaruh pada tingginya jumlah pemohon di Gunungkidul. Hal tersebut tak hanya terjadi di wilayahnya melainkan beberapa wilayah juga mengalami peningkatan dari hari-hari biasanya.

“Kita masih menunggu verifikasi data dari pusat, karena memang overload. Sehingga kita belum bisa lakukan pencetakan,” katanya, Selasa (20/9/2016).

Eko menjelaskan, pemohon yang melakukan perekaman 5 September lalu masih bisa melakukan percetakan, namun untuk perekaman pada 6 September hingga saat ini belum dapat melakukan pecetakan KTP.

“Terakhir kita cetak kemarin tanggal 5 Semptember. Setelah itu memang harus menunggu verifikasi data dari pusat,” ujarnya.

Menurut Eko, berdasarkan pantauan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Jumlah pemohon hingga mencapai 200-300 orang. “Dalam sehari jumlahnya mencapatu 285 pemohon. Ituin dalam kurun waktu beberapa jam saja hingga ratusan,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga Wonosari, Vita Nurlina mengatakan, untuk proses pembuatan KTP Elektronik, ia terpaksa harus menunggu, setelah beberapa pekan lalu melakukan perekaman bersama puluhan warga lainya. “Kalau E- KTP suda jadi, nanti segera dilakukan aktivasi agar bisa digunakan,” pungkasnya. (Heri)

Related Post