Peringatan Hari Koprasi, Dinas Akui Banyak Koprasi Tidak Sehat

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com -Wonosari-Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi tempat pelaksanaan peringatan hari Koperasi Nasional pada Rabu (12/07/2017).

Koperasi adalah yang merupakan soko guru perekonomian nasional, namun di Kabupaten Gunungkidul sendiri masih tercatat sejumlah koperasi yang tidak sehat.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM, Widagdo. Menurutnya, keterbatasan personil dan anggaran yang saat ini hanya 1,3 miliar rupiah per tahun menjadi kendala tersendiri untuk bisa melakukan pembinaan secara menyeluruh.

“Di Gunungkidul tercatat ada sebanyak 308 Koperasi, dari sekian jumlah tersebut sekitar 76 koperasi dinyatakan tidak sehat dan dalam waktu dekat ini akan segera dibubarkan,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com.

Dibubarkannya puluhan koperasi tersebut lantaran sudah tidak melakukan aktivitas, tidak melaporkan adminitrasi dan sudah tidak melaksanakan Rapat Akhir Tahun.

Lebih lanjut Widagdo menuturkan,  walaupun sejumlah 76 Koperasi akan dibubarkan namun saat ini terus tumbuh koperasi baru, tercatat pada tahun 2017 ini terdapat 3 koperasi baru yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM.

“Saat ini kita akan terus melakukan pembinaan dan sosialisasi untuk mempertahankan ratusan koperasi yang masih berdiri, hal ini kita lakukan karena adanya koperasi itu sangat membantu masyarakat dalam hal keuangan maupun simpan pinjam,” jelasnya.

Dari ratusan koperasi yang masih aktif akan dibagi menjadi 3 kriteria yakni, kriteria sangat baik, baik dan cukup.

“Yang sudah sangat baik akan kita dorong terus mempertahankan prestasinya sedangkan yang kriteria baik dan cukup akan terus kita lakukan pembinaan sehingga menjadi seperti yang kita harapkan,” pungkas Widagdo. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post